Program Pertukaran Pelajar antara FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta dan Yala Rajabhat University Thailand

Hallo! Mahasiswa Prodi S1 Biologi, Jalu Bahtiar Baharudin, Aulia Nyndita Wardani, dan Akhmad Taufiq, adalah mahasiswa Program Studi S1 Biologi angkatan 2021 yang baru saja menyelesaikan perjalanan 3 bulan dari November 23 – Januari 24 belajar di Thailand. Selama mahasiswa prodi S1 Biologi berada di sana, mahasiswa tidak hanya diberi kesempatan untuk mendalami ilmu di kampus, tetapi juga untuk merasakan keberagaman budaya dan kehidupan sehari-hari yang berbeda dari negara tersebut.

Perjalanan mahasiswa prodi S1 Biologi dimulai ketika terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar antaraFMIPA Universitas Negeri Yogyakarta dan Yala Rajabhat University. Semangat mahasiswa prodi S1 Biologi untuk mengeksplorasi hal baru dan meraih pengalaman berharga telah membawa mahasiswa menyelesaikan tantangan ini hingga tuntas.

 

A group of people holding bags</p>
<p>Description automatically generated

(Aulia, berjilbab hitam; Jalu, berbaju batik coklat-hitam, dan Taufiq berbaju batik merah muda)

 

Di Yala Rajabhat University, mahasiswa prodi S1 Biologi mengambil tiga mata kuliah inti: medical microbiology, biologi business & entrepreneurship, dan science innovation & creativity, serta satu mata kuliah tambahan tentang Thai Culture. Mahasiswa prodi S1 Biologi merasakan perbedaan dalam pendekatan pembelajaran di sana dibandingkan dengan sistem di Indonesia. Disana, mahasiswa umumnya hanya mengambil dua mata kuliah karena durasi setiap mata kuliah yang panjang, yakni empat jam. Waktu yang mahasiswa prodi S1 Biologi habiskan di kelas memberi kesempatan bagi para mahasiswa untuk meresapi materi pelajaran yang disampaikan dengan mendalam oleh para dosen. Selain itu, penggabungan teori dan praktikum menjadi satu memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa prodi S1 Biologi. Dengan jumlah mahasiswa yang terbatas dalam setiap kelas, mahasiswa dapat menjalankan eksperimen secara individu dengan dukungan penuh dari dosen.

Namun, pengalaman mahasiswa prodi S1 Biologi tidak hanya sebatas di ruang kelas. Interaksi mahasiswa prodi S1 Biologi dengan masyarakat lokal telah memberikan warna tersendiri dalam pengalaman mahasiswa. Para mahasiwa prodi S1 Biologi sangat bersyukur atas keramahan dan dukungan yang diterima dari warga sekitar Yala Rajabhat University, tidak hanya membantu menyediakan makanan halal, tetapi juga membuat mahasiswa prodi S1 Biologi merasa seperti di rumah sendiri.

 

Terakhir, mahasiswa prodi S1 Biologi ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah terlibat dalam perjalanan ini. Terima kasih kepada FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yala Rajabhat University, serta khususnya Prodi Biologi UNY atas kesempatan yang diberikan. Terima kasih juga kepada para dosen yang telah dengan sabar membimbing para mahasiswa, dan kepada masyarakat setempat yang telah ramah dan mendukung mahasiswa prodi S1 Biologi selama berada di Thailand. Pengalaman ini akan selalu menjadi bagian berharga dalam perjalanan pendidikan dan kehidupan mahasiswa prodi S1 Biologi. Terima kasih.