Review Kurikulum Prodi Biologi FMIPA UNY Bersama Ketua Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI)

Program studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah menyelenggarakan Workshop Peninjauan Visi-Misi dan Revisi Kurikulum pada hari Senin, 13 Oktober 2025, bertempat di Ruang Sidang 2 FMIPA UNY. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Budi Setiadi Daryono, S.Si., M.Agr.Sc., Ph.D. selaku ketua Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI), dan dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UNY, Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si. Workshop ini diikuti oleh para dosen Program Studi Biologi yang berperan aktif dalam proses diskusi dan peninjauan dokumen kurikulum. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjamin mutu akademik dan relevansi kurikulum Program Studi Biologi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, kebijakan nasional, serta kebutuhan pengguna lulusan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan mutu akademik dan mempersiapkan program studi menuju akreditasi internasional. Peninjauan visi–misi dan revisi kurikulum dilakukan sebagai bentuk evaluasi berkelanjutan terhadap kesesuaian dokumen kurikulum dengan capaian pembelajaran lulusan, profil lulusan, serta arah pengembangan program studi ke depan.

 

Berdasarkan hasil peninjauan, dokumen kurikulum 2025 Prodi Biologi secara umum telah disusun dengan baik, meliputi kelengkapan cover, sambutan pimpinan fakultas, rumusan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang rinci, penyajian deskripsi profil lulusan,  serta bahan kajian yang telah sesuai dengan panduan KOBI. Namun demikian, terdapat beberapa catatan dan rekomendasi penyempurnaan, diantaranya perlunya kelengkapan identitas program studi, dokumentasi kegiatan evaluasi kurikulum yang lebih rinci terkait waktu pelaksanaan, peserta, dan bukti pendukung, penjabaran indikator keberhasilan visi dan misi, serta penguatan University Value dan strategi implementasinya dalam kegiatan akademik. Secara keseluruhan, kegiatan ini menghasilkan rekomendasi perbaikan minor yang akan menjadi dasar penyusunan revisi kurikulum versi final tahun 2025 serta penyesuaian menuju standar akreditasi internasional. Seluruh peserta workshop sepakat bahwa hasil peninjauan ini akan menjadi pijakan strategis dalam peningkatan mutu akademik.